10
Des
08

Pengobatan Tradisional Gagal Ginjal – Diabetes

Penyebab utama/tertinggi seseorang bisa mengalami Gagal Ginjal kronik hingga membutuhkan pelayanan Hemodialisa (cuci darah) adalah akibat penyakit diabetes dan darah tinggi.

“Jika kedua penyakit ini dikontrol dengan baik melalui pengobatan teratur maka penyakit ginjal akan dapat dicegah sedini mungkin atau diperlambat,” Prof. Dr. Harun (Kepala Unit Dialisis RSU Pirngadi Medan)


Selain itu penyakit ginjal kronik juga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) yang akhirnya juga merupakan penyebab kematian terbanyak penderita gagal ginjal. Sebenarnya gagal ginjal dapat dicegah jika sejak dini bila sudah terdeteksi melalui pemeriksaan darah dan air seni. Dan mayoritas mereka di negara berkembang yang berada pada tahap dini penyakit ini pada umumnya tidak mengetahui jika telah menderita gagal ginjal. Untuk itu deteksi dini dari ketidakberesan ginjal menjadi sangat penting dan memungkinkan pengobatan yang sesuai sebelum terjadi kerusakan ginjal atau terjadi manifes perparahan karena komplikasi yang lain. Mungkin memang penyakit ini sulit terdeteksi secara manual karena memang gejala yang terjadi sulit dirasakan, dan akhirnya gangguan dapat bertambah parah hingga pada akhirnya ginjal tidak berfungsi lagi.

Periksalah ke dokter, karena melalui pemeriksaan laboratorium dengan sedikit contoh darah dan urine dapat diketahui apakah fungsi ginjal masih normal atau sudah terganggu, sehingga dapat dilakukan pengobatan sedini mungkin.

Gejala awal yang biasa terjadi pada penderita gagal ginjal antara lain gangguan nyeri saat buang air kecil, berdarah, keluar batu, nyeri pinggang, pucat dan gampang capek. Berobat ke dokter adalah salah satu alternatif terakhir untuk penderita Gagal Ginjal Kronis, namun bila terbentur masalah biaya mungkin bisa dengan perawatan dirumah atau dengan pengobatan alternatif.

Pengobatan secara tradisional ini mungkin hanya berlaku bagi penderita yang belum terlalu kronis untuk gagal ginjalnya. Penyakit ginjal penyebabanya bermacam-macam, para dokter ahli lah yang tahu, sedangkan menurut pengobatan tradisional sakit ginjal dapat disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi daging. Adapun pantangan-pantangan yang harus dijalankan si penderita antara lain:

  • Jangan terlalu banyak makan yang mengandung cuka serta makanan yang asin-asin.
  • Jangan makan gorengan yang mana kebanyakan zat minyak dapat menimbulkan keracunaa asam.
  • Jangan makan daging apapun baik daging ikan ataupun daging ternak.
  • Mandi dengan Air Hangat selama lebih kurang 15 menit setiap Pagi.

Adapun ramuan tradisionalnya adalah:

  • Daun kaca beling ditumbuk halus 25 gram.
  • Daun ngokilo 25 gram, daun kumis kucing 25 gram.
  • Daun meniran coklat dicabut dengan akarnya 25 gram

Semua bahan ramuan direbus dan airnya diminum. Pembuatan ramuan ini lakukan selama 5 hari berturut-turut, kemudian hentikan selama beberapa hari. Kemudian ulangi buat ramuan lagi. Ramuan ini untuk ginjal yang terdapat kristal batu, sedangkan ramuan untuk ginjal yang terasa panas karena adanya pembengkakan adalah sbb:

  • Daun arbei 20 gram
  • Daun meniran 20 gram
  • Daun duduk 10 gram
  • Daun ungu 10 gram
  • Daun kumis kucing 10 gram
  • Daun sendokan 10 gram
  • Daun ngokilo 10 gram

Semua bahan ini direbus sampai airnya mendidih lantas airnnya disaring untuk diminum.

Semoga artikel diatas berguna.

be health..

Sumber:
Kompas
Ide Boedie


0 Responses to “Pengobatan Tradisional Gagal Ginjal – Diabetes”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: