22
Nov
08

Tips Atasi Kebosanan dalam Pekerjaan

Tolong, saya bosan dengan Pekerjaan

Andina (29 tahun) merasa amat bosan dengan pekerjaan yang sekarang.

Setelah empat tahun bekerja di perusahaan yang sama, saya mulai bosan. Ditambah dengan bos baru yang tidak capable dalam menangani pekerjaan, sehingga lebih banyak tugas yang didelegasikan kepada saya

keluhnya.

Andina bertahan karena belum menemukan posisi yang tepat di tempat lain. “Saya kan masih harus membayar cicilan rumah dan mobil,” kilahnya.

Mungkin Anda juga merasakan apa yang Andina alami. Banyak sekali karyawan yang mulai jenuh berkarya di tempat lama, dengan berbagai alasan. Tapi kan Anda nggak mau hari-hari berlalu dengan lesu kan? Simak saran Kate Lorenz pengasuh rubrik karir di CareerBuilder, manakala kebosanan mulai ‘menyerang’ Anda:

1. Tetapkan tujuan
Meski anda benci pekerjaan sekarang, tetap ada hal yang bikin Anda senang kok. Buatlah goal mingguan, siapa tahu dari situ Anda punya peluang emas. Dalam sepekan misalnya, Anda bisa bikin lima resume untuk perusahaan yang Anda incar, atau menghadiri gathering untuk membina jaringan.

2. Pastikan Anda memantau tujuan
Jangan hanya menetapkan tujuan tanpa berupaya mewujudkannya. Jika Anda membuat to do list, pastikan Anda memenuhinya.

3. Alokasikan waktu untuk diri-sendiri
Bayangkan! Betapa malasnya datang pagi-pagi ke kantor jika Anda sedang merasa bosan. Jangan tambahi beban itu dengan tekanan, seperti bad mood. Sisihkan pagi berharga Anda dengan aktivitas positif. Usai sholat Shubuh misalnya, biasakan beryoga. Minum kopi sambil baca koran dan menyetel musik kesukaan juga tak ada salahnya. Mood baik di pagi hari, akan terbawa sampai sore hari lho.

4. Buat diversifikasi
Sekali-kali ganti screensaver komputer dengan gambar binatang lucu, browsing joke lucu yang bisa bikin Anda tertawa terbahak-bahak, beli headphone, atau putar musik kesayangan Anda saat bekerja. Kalau selama ini makan siang selalu minta dibelikan, makanlah di luar. Lumayan buat refreshing…

5. Kembangkan keahlian
Bosan dengan pekerjaan bukan berarti Anda tak bisa mempelajari keahlian baru.. Gunakan waktu untuk ‘memperkaya’ diri. Jika perusahaan menawarkan kursus bagi karyawan, manfaatkan kesempatan ini. Jika sore hari masih cukup lapang, kenapa tak mengambil kursus bahasa asing sepulang kantor?

6. Cari aktivitas Sepulang kerja
Bingung tidak ada kegiatan? Ikut klub kebugaran atau berenang bisa menjadi pilihan. Badan bugar, bisa menambah teman dan jaringan. Siapa tahu, dari sini muncul kesempatan kerja baru?

7. Manjakan diri
‘Penderitaan’ selama di kantor bisa Anda ‘balas’ dengan membeli sesuatu yang berharga buat diri sendiri, seperti buku baru yang menarik. Nikmati film favorit, belanja pakaian buat persiapan wawancara. Rencanakan liburan. Semuanya demi kesenangan batin Anda

8. Pertahankan kinerja
Penting untuk tetap mempertahankan kinerja. Meski bosan di kantor, jangan sampai sikap profesional luntur. Tentukan parameter untuk mengukur kinerja pribadi. Gunakan ini sebagai ’senjata’ saat wawancara memanggil

9. Jangan putus hubungan
Dunia ini sempit. Siapa yang tahu kalau ternyata Anda nantinya bakal kerjasama dengan mantan rekan kerja di kantor lama? Jangan buang kartu-kartu bisnis. Pertahankan kontak dengn mereka dalam alur positif.

10. Semua akan berubah
Mungkin saat ini Anda terpaku pada pekerjaan yang kurang menarik, tapi itu ‘kan tidak selamanya? Camkan, hanya Anda yang sanggup mengubah ‘takdir’ ini. Jangan putus asa untuk terus berburu dan berburu!. (njegat)


0 Responses to “Tips Atasi Kebosanan dalam Pekerjaan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: